Kurikulum PBA

Kurikulum

      Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi.

Kurikulum seharusnya memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung  tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.

Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

 

Adapun jumlah sks PS (minimum untuk kelulusan): 154 sks, dengan perincian mata kuliah sebagai berikut:

Mata Kuliah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

1. BAHASA ARAB I

2. BAHASA ARAB II

3. PRAKTIKUM BAHASA ARAB

4. PENDIDIKAN KEWA RGANEGARAAN

5. BAHASA INDONESIA

6. IAD/ISD/IBD

7. FILSAFAT

8. METODOLOGI STUDI ISLAM

9. BAHASA INGGRIS I

10. BAHASA INGGRIS II

11. PRAKTIKUM BAHASA INGGRIS

12. SEJARAH PERADABAN ISLAM

13. FILSAFAT ILMU

14. TASAWUF

15. ILMU KALAM

16. FIQIH

17. TAFSIR

18. HADITS

19. ULUMUL QURAN

20. ULUMUL HADITS

21. USHUL FIQIH

22. NAHWU I

23. SHOROF I

24. AL-ISTIMA' WA AT-TA'BIR I

25. AL-QIRA'AH I

26. ALKITABAH I

27. ILMU PENDIDIKAN

28. PRAKTIKUM IBADAH

29. NAHWU II

30. SHOROF II

31. AL-ISTIMA' WA AT-TA'BIR II

32. AL-QIRA'AH II

34. AL-KITABAH II

35. METODOLOGI PENELITIAN

36. FILSAFAT PDDK ISLAM

37. STATISTIK DESKRIPTIF

38. PSIKOLOGI PDDK

    39. PRAKTIKUM TI PENDIDIKAN

    40. LINGUISTIK

    41. NAHWU III

    42. BALAGHAH I

    43. AL-ISTIMA' WA AT-TA'BIR III

    44. TARIKH AL-ADAB AL-'ARABIY

    45. PSIKOLINGUISTIK

    46. TARJAMAH I

    47. STATISTIK INFERENSIAL

    48. PENGEMB KURIKULUM

    49. PRAKTIKUM PENELIT. BAHASA

    50. PRAKTIKUM : MIKRO TEACHING

    51. BALAGHAH II

    52. TARJAMAH II

    53. NUSHUSH ADABIYYAH

    54. STRATEGI PEMBELAJARAN B.ARAB

    55. MEDIA PENGAJARAN B. ARAB

    56. SOSIOLINGUISTIK

    57. FIQHULLUGHAH

    58. AL-ARUDH WA AL-QAWAFIY

    59. PERENCANAAN PENGAJARAN B. ARAB

    60. PRAKTIKUM : PPL

 

Pelaksanaan Proses Pembelajaran

Sistem pembelajaran dibangun berdasarkan perencanaan yang relevan dengan tujuan, ranah belajar dan hierarkinya.

Pembelajaran dilaksanakan menggunakan berbagai strategi dan teknik yang menantang, mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis bereksplorasi, berkreasi dan bereksperimen dengan memanfaatkan aneka sumber.

Pelaksanaan pembelajaran memiliki mekanisme untuk memonitor, mengkaji, dan memperbaiki secara periodik kegiatan perkuliahan (kehadiran dosen dan mahasiswa), penyusunan materi perkuliahan, serta penilaian hasil belajar.

 

Pengumuman

Download